Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Salah satu kewajiban umat muslim di bulan Ramadhan adalah menjalankan ibadah Puasa.

Puasa berdasarkan penelitian beberapa pakar Kesehatan justru memiliki efek positif bagi tubuh kita. Lewat puasa, seorang dapat istirahatkan kerja organ pencernaan serta jadi salah satunya proses detoksifikasi buat badan.

Puasa bukan berarti membuat badan kekurangan zat gizi atau kelaparan. Jadi jangan takut untuk kelaparan waktu berpuasa. Jangan juga cemas jadi kurus atau gemuk waktu berpuasa.

Tubuh kita akan tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasan selama kalian mencukupi kebutuhan gizi tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Berpuasa sebenarnya hanya sedikit mengganti jam makan serta frekwensi makan setiap hari.

Tiap hari kaum muslim harus bangun serta makan lebih dini waktu sahur. Kemudian, melakukan puasa sekalian melakukan aktivitas seperti umumnya.

Sebagian orang kemungkinan punyai ketakutan semasa puasa akan berasa kehausan atau kelaparan. Ada juga yang cemas jadi rawan sakit sesudah mengganti skema makan sebab berpuasa.

Untuk hindari ketakutan serta kecemasan itu, sebaiknya memerhatikan panduan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa di bawah ini :

1. Jauhi Makanan Berminyak

Menu gorengan waktu buka benar-benar sangat merayu. Tetapi, seharusnya kamu hindari semua bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Ini akan tingkatkan efek peningkatan cholesterol pada tubuh kamu

2. Menu Makan Tidak Berbeda Dengan Menu Makanan Sehari-Hari

Seharusnya menu makanan waktu berpuasa jangan terlalu berbeda dengan menu makanan sehari-hari supaya organ pencernaan terutamanya tak perlu banyak lakukan penyesuaian.

3. Kontrol Porsi Makan

Siapapun harus disiplin dalam mengatur makan. Jangan lapar mata waktu sahur atau waktu buka puasa.

4. Penuhi Kandungan Zat Gizi

Setiap saat makan sahur serta buka, makanan yang diberikan harus memiliki kandungan zat gizi komplet.

5. Pilih Karbohidrat Kompleks

Pilih sumber karbohidrat kompleks waktu makan, misalnya: Nasi, Roti, sereal atau oat.

Pemilihan sumber makanan karbohidrat kompleks cukup penting sebab sumber makanan karbohidrat kompleks dapat mengolah energi dengan cara lamban sehingga lebih tahan kenyang.

6. Memperbanyak Sayuran Serta Buah

Memperbanyak mengonsumsi sayuran serta buah yang kaya serat.

Muatan serat akan diolah badan dalam tempo lama hingga diantaranya akan memberi sensasi kenyang di perut.

7. Penuhi Konsumsi Cairan

Penuhi keperluan cairan tiap hari waktu berpuasa. Badan manusia lebih banyak mengandung Air dan membutuhkan air yang cukup untuk proses metabolisme tubuh.

Minum air putih harus tetap dilaksanakan minimum sekitar 8 gelas /hari dari waktu berbuka puasa sampai sahur.

Mengonsumsi cukup cairan ini benar-benar perlu dikerjakan untuk menahan dehidrasi.

8. Turunkan Konsumsi Cafein

Turunkan mengonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan cafein, seperti teh serta kopi waktu puasa perlu dilaksanakan .

Hal tersebut karena, cafein bisa merangsang pengeluaran air dari pada tubuh lewat air kemih.

9. Kurangi Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak

Kurangi atau jauhi makanan banyak mengandung lemak serta tinggi muatan gula, seperti permen serta cokelat olahan waktu berpuasa.

Dua tipe makanan itu dapat dibuktikan gampang diolah hingga membuat seorang jadi gampang lapar.

Disamping itu, makanan tinggi lemak serta gula dapat juga menyebabkan bertambahnya berat tubuh yang tidak diharapkan.

10. Jangan Terlewat Makan Sahur

Aturlah waktu tidur Anda Supaya tidak terlewatkan waktu sahur tiap hari.

Makan sahur jelas perlu dikerjakan sebab dapat penuhi keperluan energi untuk berpuasa serta dapat mengendalikan kandungan gula darah.

11. Mengkonsumsi Suplemen Bila Dibutuhkan

Jika dibutuhkan, mengkonsumsi suplemen yang berisi vitamin dan mineral bisa saja dilaksanakan untuk menolong proses metabolisme badan.

12. Luangkan Waktu Kerjakan Kesibukan Fisik

Puasa jangan dipakai untuk pembenaran untuk bermalas-malasan dan tidak mau bergerak karena takut lemas.
Tetap Kerjakan kesibukan fisik pada saat berpuasa minimum berjalan kaki semasa 30 menit /hari untuk jaga proses metabolisme badan.

Olahraga dapat dilaksanakan pada waktu mendekati buka puasa.

13. Tidur Cukup 6-8 Jam

Tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa selanjutnya yaitu upayakan untuk tidur cukup 6-8 jam /hari buat menahan kecapekan serta rasa lelah ketika menjalankan ibadah puasa.

Setelah mengetahui tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa diatas, semoga Ibadah Puasa yang kita jalankan dapat berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here