Jerawat merupakan penyakit kulit yang menyerang sebagian besar orang baik usia remaja maupun usia dewasa. Jerawat ini dapat menyebabkan bekas pada kulit Ketika sembuh dan juga membuat tampilan yang kurang baik pada kulit kita.

Jerawat Biasanya terjadi ketika pori-pori wajah kita tersumbat oleh komedo, komedo atau benjolan seperti kista. Jerawat muncul di wajah, leher, dada, bahu, punggung, dan lengan atas. Hal ini sangat umum terjadi pada remaja tetapi orang dewasa hingga usia empat puluh dapat dapat juga mengalami jerawat. Sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan tetapi menciptakan cacat pada tubuh, yang pada gilirannya sangat menjengkelkan. Jerawat menyebabkan jaringan parut yang seringkali permanen.

Jerawat tidak tergantung pada ras, etnis, warna kulit atau jenis kelamin. Hampir 100% orang yang termasuk dalam kelompok usia dua belas hingga tujuh belas menderita komedo atau jerawat sesekali. Sebagian besar dari anak-anak muda ini dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa obat yang bisa didapat tanpa resep. Sedangkan untuk beberapa masalah yang serius pastinya membutuhkan perawatan profesional. Beberapa remaja menderita masalah parah dan memerlukan bantuan dokter untuk disembuhkan.

Kapan Jerawat mulai menyerang ?

Jerawat menyerang antara usia sepuluh dan tiga belas. Kondisi ini berlanjut selama lima hingga sepuluh tahun ke depan. Biasanya menghilang pada awal dua puluhan meskipun dapat tetap sampai satu di akhir dua puluhan, tiga puluhan atau bahkan lebih lambat dari itu. Ada beberapa kasus ketika orang mulai mendapatkan jerawat ketika mereka memasuki usia dewasa.

Laki-laki atau Perempuan Yang Sering Diserang Jerawat ?

Belum ada bukti nyata untuk menunjukkan apakah pria atau wanita lebih menderita jerawat. Tetapi pria muda lebih rentan terhadap berbagai bentuk jerawat daripada wanita. Untuk pria, jerawat jauh lebih parah dan bertahan lebih lama dari wanita. Meskipun demikian pria tidak mengunjungi dokter kulit sesering yang seharusnya.

Wanita muda biasanya memiliki jerawat yang terjadi sebentar-sebentar. Ini disebabkan oleh perubahan hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi. Jerawat juga dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik tanpa memahami apakah mereka cocok dengan jenis kulit tertentu atau tidak. Jerawat jenis ini dapat terjadi pada wanita yang memasuki usia dewasa.

Di Mana Jerawat Sering Muncul?

Jerawat dapat terjadi paling umum di wajah tetapi juga terjadi di dada, punggung, bahu, kulit kepala, leher, lengan dan kaki bagian atas.

Dampak Akibat Jerawat

Jerawat mungkin tampak sangat sepele tetapi Anda akan terkejut mengetahui bahwa itu memang memiliki dampak ekonomi juga cukup banyak dana dihabiskan untuk obat-obatan non-resep yang dibeli kebanyakan remaja untuk menghilangkan jerawat. Jumlah ini tidak termasuk uang yang dihabiskan untuk pembersih dan sabun yang telah dibuat untuk mengendalikan jerawat. Selain itu orang perlu mengunjungi dokter kulit dan membeli obat-obatan yang telah ia resepkan. Ini juga butuh uang.

Penyebab Munculnya Jerawat

Banyak sekali penyebab munculnya jerawat pada tubuh kita, kali akan kita bahas beberapa penyebabnya.

1. Konsumsi Makanan Yang Tidak Tepat

Tidak dapat dipungkir bila salah satunya unsur yang mengakibatkan jerawat ialah makanan. Saat anda mempunyai jerawat di kulit anda, Lebih baik kalian memperhatikan kembali makanan yang akan dikonsumsi Sebab ketika kita salah memilih makanan maka produksi sebum di kulit anda jadi bertambah serta hasilnya sebum ini bila berhubungan dengan jerawat yang masih tetap aktif akan mengakibatkan infeksi jerawat. Oleh karena itu kita harus menghindari makanan pemicu tumbuhnya jerawat sebagai contoh makanan pedas, makanan berminyak, makanan siap saji.

2. Faktor Hormon

Faktor Hormon adalah salah satunya faktor yang bisa memunculkan jerawat meradang, khususnya buat anda yang sedang dalam saat-saat pubertas dan wanita yang mengalami babak menstruasi. Umumnya, tipe hormon pemicu jerawat ialah hormon estrogen serta progesteron.

Di saat anda alami pubertas, maka berlangsung ketidakseimbangan hormon yang terjadi di tubuh. ketidakseimbangan hormon ini akan mengakibatkan sekresi minyak serta lemak pada kulit wajah yang terlalu berlebih. Hal inilah yang menyebabkan munculnya jerawat.

Anda telah mengetahui bahwa Anda bukan satu-satunya yang menderita dari masalah ini. Oleh karena itu pembersihan kulit yang cermat dan teratur perlu dilakukan untuk memiliki kulit yang sehat dan bebas jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here